DOMINASI OTAK KANAN DAN KIRI

 

Latar Belakang
Pada abad ke- 19 diketahui bahwa orang yang memiliki cacat pada area tertentu di otak, kehilangan kemampuannya untuk berbicara. Penemuan ini dibuktikan lagi oleh Roger W sperry yang mendapatkan nobel tahun 1981 , dia menemukan bahwa ada fungsi- fungsi tetentu yang dimiliki oleh bagian-bagian spesifik dalam otak.
Apa yang ditemukan oleh Roger W. Sperry
Penelitian itu membuktikan bahwa bagian kanan  dan kiri otak terspesialisasi dalam tugas yang berbeda. Bagian kiri berkaitan dengan hal-hal logis, factual, analitik dan bahasa. Bagian kanan otak terlibat dalam hal music, kreativitas dan emosi.
Contoh kasus kerjasama otak, bagian kanan berfungsi menggambarkan atau mengimajinasikan kata yang anda ucapkan misal kata bola maka otak bagian kanan akan menggambarkan seperti apa wujud bola itu.
Dari informasi diatas, bagaimana kita mengetahui dominasi otak bagian mana ( area yang lebih responsif) menerima stimulasi? beberapa cara praktis telah lama diketahui orang yaitu dengan menepukkan kedua tangan dan menangkupkan jari – jarinya. untuk bukti ilmiahnya  belum diketahui.
Analisa sidik jari dapat melihat area otak / belahan mana yang lebih responsif secara genetik, sehingga setelah kita tahu kondisi kita secara genetik, kecenderungan otak kanan , otak kiri atau cukup seimbang. setelah kita mengetahuinya (apabila hasilnya cenderung dominan pada otak kiri atau kanan) makka langkah berikutnya adalah memberikan solusi bagaimana menyeimbangkannya.

Sifat
Keuntungan
Kerugian
Otak Kiri
Logis, rasional, analitik, factual dalam proses pengambilan keputusanLebih menyukai fakta dan detil dan alas an yang masuk akal
Logis, rasional, spesifik dan kemampuan pengambilan keputusan yang tinggi
Kaku, keras kepala dan menolak pendapat orang lain
Otak kanan
Emosional, berperasaan, tergantung intuisi dalam pengambilan keputusan dan kurang analitik
Kreatif, banyak ide dan mudah mengerti orang lain.
Tidak praktis dan emosional


Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: DOMINASI OTAK KANAN DAN KIRI; Ditulis oleh Sipilumsurabaya@blogspot.com; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh Membuat Blog SEO Friendly